Monday, July 25, 2011

Donny Dhirgantoro dan 5CM

Halo semuanya cemans cemans sebangca dan secanah airch?  MySpace

Kalian semua apa kabarnya? Kangen nggak sama gue? Kan udah 4 hari nih ceritanya gue ngga nge post. Udah lumayan banyak debu dan segala macemnya. Ini masih mending ya baru 4 hari, waktu itu gue pernah beberapa bulan ga ngepost. Eh pas gue login lagi, ternyata ada pengemis lagi duduk di blog gue, sama udah banyak yang jualan asongan coba di dalemnya.  MySpace

Ya sudah lupakan tentang para penjual asongan dan pengemis itu, kali ini gue mau cerita tentang sang inspirator gue. Kemaren ada temen sesama grup Kancut Keblenger gue, yaitu si Mamad yang nge post tentang inspirator dia. Btw mad, tuh gue promosiin. Berhubung udah gue promosiin, ditunggu yah kiriman duitnya. Nah, jadi karena Mamad udah nge post tentang inspirator dia, biarkan gue juga nge post tentang siapakah inspirator gue selama ini? (iya gue tau gue ga kreatif)  MySpace

Jadi, siapa itu Donny Dhirgantoro? *ini kayanya intro nya kebanyakan yah*


Donny Dhirgantoro adalah seorang penulis novel. *udah gitu aja von? Penulis novel mah banyak!*
Nggak! Nggak gitu doang! Jadi, Donny Dhirgantoro adalah satu-satunya novelis yang berhasil membuat mimpi gue yang udah lama tertidur, bangun lagi. Mimpi gue yang selama ini gue
anggep sebagai 'ah udahlah gak bakal kecapai juga' menjadi mimpi yang gue rasa akan terus gue perjuangkan.


5cm ini bercerita tentang 5 orang sahabat (4 cowo, 1 cewe) yang sudah bersahabat terlalu lama, sehingga terlalu banyak dejavu yang mereka rasakan. Jadi mereka memutuskan untuk rehab dari pertemuan mereka sebentar selama 3 bulan, dan pada saat mereka sudah berpisah selama 3 bulan, mereka bertemu lagi di satu tempat, untuk memulai suatu perjalanan menuju puncak tertinggi di Pulau Jawa, yaitu puncak Mahameru yang ada di Malang.
Perjalanan yang heart-touching banget, karena disentuh dengan sentuhan persahabatan yang erat, cinta yang membingungkan, dan yang pasti, MIMPI YANG TERUS DIPERJUANGKAN. MySpace

Disini gue mau membagikan beberapa quotes yang ada di buku 5cm itu.


"..Dan semuanya akan tambah indah, kalau lo tetap jadi diri lo sendiri, bukan orang lain.."


"..Seorang cowok memakaikan jaketnya ke cewek. Gue sering banget liat adegannya di film dan coba mengartikannya dengan apa aja, tapi sekarang gue ngerasain sendiri, rasanya lain banget.."


"..Kalau kamu menyelesaikan kuliah kamu enam tahun juga, berarti otak kamu, otak anak SD.."


"..Bukan soal serius atau nggak serius, kalo kita bisa menganggap kritik itu bukan suatu serangan, tapi saran, kita pasti akan tambah yakin.."


"..Jangan pernah menganggap kritik adalah suatu proses kemunduran atau serangan. Kalau lo dikritik, buat cetak biru di pikiran lo. Kalo kritik adalah pengorbanan dari seseorang yang mungkin telah mengorbankan rasa nggak enaknya sama kita, entah sebagai seorang teman atau rekan kerja, semata-mata untuk apa? Hanya untuk membuat diri kita lebih baik. Itu aja.."


"..Kalo lo yakin sama sesuatu, lo taruh itu di sini, di kening lo, abis itu, lo kerja keras, semampu lo.."


"..Orang yang bener-bener hidup untuk kebaikan, memang hidupnya akan selalu dikenang oleh orang lain.."


"..Kalo cewek lagi nangis, biarin aja dulu, karena dia nggak akan pernah dengerin lo, kalo lagi nangis. Kalo lagi nangis, cewek sebenernya mau nyatain sesuatu, tapi dia nggak tau gimana. Jangan ngomong sama dia. Diemin aja. Lo mau ngomong , dia juga mau ngomong.."


"..Sesungguhnya setiap manusia memang diberi kebebasan untuk memilih. Memilih di persimpangan kecil atau besar, dalam sebuah Big Master Plan yang telah diberikan Tuhan kepada kita.."


"..Manusia yang nggak percaya sama Tuhan sama aja dengan manusia yang nggak punya mimpi. Cuma seonggok daging yang punya nama.."


"..Tapi aku bilang sekarang sama kamu bahwa cita-cita kamu telah tercapai. Kamu adalah orang yang paling baik di hati kita, Dan kamu akan selalu kita kenang di hati kemanapun kita pergi.."


"..Keajaiban mimpi, keajaiban cita-cita, dan keajaiban keyakinan manusia, yang tak terkalkulasikan dengan angka berapapun.."


"Dengan semua mimpi dan cita cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu kejar, taruh di depan kening kamu..


Biarkan...
Dia...

Menggantung...
Mengambang...
5 Centimeter...
Di depan kening kamu...


Sehabis itu, yang kamu perlukan cuma..


Kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya..
Tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya...
Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya...
Leher yang akan lebih sering melihat ke atas..
Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras daripada baja..
Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya...
Serta..
Mulut yang akan selalu berdoa.."


MySpace

Udah segitu aja ya. Sebenernya masih banyak banget, tapi kayanya ngga mungkin gue taro disini semua. Ntar bisa bisa sekalian gue malah nulis ulang novelnya Donny Dhirgantoro lagi. Nah, jadi mereka itu naik ke puncak Mahameru bareng-bareng buat upacara 17 Agustus disana. Dan pas udah sampe diatas, inilah pernyataan mereka..


"..Sebuah kehormatan bagi saya. Saya.... Genta, telah mendaki Mahameru bersama kalian tercinta, di tanah air tercinta ini. Kehormatan ini tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya..."


"..Suatu kehormatan juga bagi saya dan kehormatan itu buat kita semua.. Saya, Arial, seorang yang sangat mencintai tanah ini.."


"..Saya Zafran, saya mencintai negeri indah dengan gugusan ribuan pulaunya sampai saya mati, dan menyatu dengan tanah tercinta ini.."


"..Dan selama ribuan langkah kaki ini, selama hati ini bertekad, hingga semuanya bisa terwujud sampai disini, jangan pernah sekalipun kita mau menyerah mengejar mimpi-mimpi kita. Saya Riani, saya mencintai tanah ini dengan seluruh hati saya.."


"..Saya Ian, saya bangga bisa berada disini bersama kalian semua. Saya akan mencintai tanah ini seumur hidup saya dan menjaganya, dengan apapun yang saya punya, saya akan menjaga kehormatannya seperti saya menjaga diri saya sendiri. Seperti saya akan selalu menjaga mimpi-mimpi saya terus hidup bersama tanah air tercinta ini..



...Yang berani nyela Indonesia, ribut sama gue!!!"


Gimana temen-temen blogger? Dia adalah inspirator nomor satu gue dalam gue menyelesaikan mimpi gue.
Coba kalian beli deh Novel 5cm ini, yakin seratus persen kalian gak bakalan nyesel. Gue ampe cinta mati nih sama nih novel. Sampe punya kaosnya.
Nih penampakannya kalo gak percaya. *SIAPA JUGA SIH VON YANG GAK PERCAYA?




Mas Donny punya 2 novel sebenarnya, yang kedua baru aja diterbitkan, dan gue udah punya dong. :D


Ini dia penampakannya, judulnya '2' :D
Kayanya ni posting rada serius ya? Ya udahlah nggak apa, kalian kan butuh juga yang seperti ini, untuk memotivasi.  MySpace

Dengan emoticon onion yang lagi menjuruskan tangan itu, berakhir juga lah postingan ini. Haha. Jadi apa ya kata penutup yang tepat?


Selamat bermimpi? Kurang cocok.
Hmm..


Selamat mengejar mimpi kamu!! *ini baru cocok*


"... Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi itu akan terwujud nantinya atau tidak, karena kamu hanya harus mempercayainya..." - Donny Dhirgantoro




@vonnykurniawann

12 comments:

Unknown said...

wah, gue liat di toko buku yg buku 2 itu banyak bgt,
baca cuplikannya sih tentang bulu tangkis ya? liat tulisan di belakangnya. jdnya gue kurang tertarik, besok mau liat secara seksama aaah "2"

Irvina Lioni said...

bang donny selalu bkn judul buku dengan angka yak... kenapa dah -_-

itu kaos dpt dr mana?

Vonny Kurniawan said...

@Om Yono : Haha. Itu yang 2 kisah nyata om yon. Coba aja baca. Tentang cewe obesitas yang mau jadi pemain bulutangkis :D

@Kak Pina : Haha. Nggak tau, nemu chemistry nya di angka kali? Haha. Beli di mas Don nya. Ada di facebook nya dia. Hehe.

Linda K Wardani said...

jujur belom pernah baca novelnya siih... tapi kata temen2, novelnya yang 5 cm itu zuper sekali!
jadi penasaran nih pengen baca!

kemaren pas ke gramed,eh adalagi, judulnya "2"
kayaknya ngga kalah asik sama yang 5cm

Vonny Kurniawan said...

@Pinkle : Haha. Iya emang, semuanya kurang lebih tentang mimpi dan perjuangan sih. Super sekali lah Mas Donny itu. Haha.
Tapi gue pribadi sih lebih suka 5cm daripada '2' haha. :D

Dailynomous said...

..Yang berani nyela Indonesia, ribut sama gue!!!"

gw suka kata kata itu ..salam kenal cuy ....

Vonny Kurniawan said...

@Brigadir : Iya, gue juga suka banget. :)) Salam kenal juga ya!

Claude C Kenni said...

Gua udah beli bukunya, cuma belom sempet baca...hahaha.

Vonny Kurniawan said...

@Claude beli bukunya yang mana bung? Haha.

Anonymous said...

gua punya tuh vonn buku 5 CM , tapi belom beres beres bacanya . ahahaa :p

Linda Dankey said...

Tadinya gue ga gitu ngerti sama novel-novel begituan. Tapi semenjak Vonny ceritain gue ttg 5cm dan ngebeliin buku "2" gue jadi tau, Novelis Indonesia spt mas Donny, Clara Ang, Illana Tan, dll.. itu patut diacungi jempooooooooollll :)

Vonny Kurniawan said...

@Aulia : Aaaa kok ngga diselesain? Bagus loh! :D

@Linda : Hahaha!!